REPORTASE

Jaring Milenial Berprestasi, Akpol Kembali Gelar Porsimaptar

Ahmad AntoniJaring Milenial Berprestasi, Akpol Kembali Gelar Porsimaptar
Drum band Akpol tampil atraktif dalam.pembukaan Porsimaptar XIX di lapangan Bhayangkara, Akpol, Semarang, jumat (8/11/2019. FOTO: SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG – Gubernur Akpol, Irjen Pol Achmat Juri secara resmi membuka Pkan Olahraga dan Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) XIX tahun 2019 di Lapangan Bhayangkara, kompleks Akpol Semarang, Jumat (8/11/2019).

Pembukaan Porsimaptar yang ditandai penyalaan api obor oleh Gubernur Akpol ini dimeriahkan dengan atraksi drumband Akpol, tarian khas Papua hingga parade pakaian adat nasional dari seluru provinsi di Indonesia

Gubernur Akpol mengungkapkan, Porsimaptar XIX tahun 2019 kali ini memperrandingkan 10 cabang perlombaan olahraga dan seni, antara lain badminton, volley, basket, futsal, bola, mural, band, tari tradisional dan modern, debate and speech, dan fotografi.

“Ini merupakan wujud milenial kita, kita berikan ruang untuk berkreasi pada generasi muda,” kata Irjen Pol Achmad Juri.

Dia mengutarakan bahwa perbedaan di setiap tahun pasti ada, karena setiap angkatan punya khas masing-masing. “Kami berharap bisa menjaring para generasi muda yang berprestasi dalam bidang olah raga dan seni, serta membina persatuan dan kesatuan diantara mereka,” terangnya.

Sementara itu, untuk seluruh perlombaan di kategorikan menjadi dua, kategori SMA dan Universitas. Porsimaptar XIX diikuti oleh 94 sekolah dan Perguruan Tinggi yang terdiri dari 64 SMA dan 34 Universitas dan diikuti lebih dari 3.000 atlet atau peserta lomba. r

Perlombaan Porsimaptar mencakup regional Jawa Tengah, dimana peserta datang dari Jepara, Kendal, Purworejo, Grobogan, Salatiga, Magelang, dan Semarang. Ada juga undangan khusus untuk IPDN yang pada tahun ini diikuti 109 praja.

Selain perlombaan, Porsimaptar XIX juga dimeriahkan dengan acara Color RUN dan berbagai macam bazar kuliner makanan dan panggung hiburan. Acara Porsimaptar ini terbuka untuk umum dan tidak di pungut biaya alias gratis semua.

“Porsimaptar ini bertujuan sebagai media sosialisasi taruna dengan masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga sebagai bentuk menjalin silaturahmi antara taruna Akpol dengan pelajar dan mahasiswa di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang,” jelasnya.

Dia menambahkan, Porsimaptar juga untuk melatih skill manajerial taruna, sebagai implementasi pembelajaran taruna, sebagai polisi pelayan masyarakat yang humanis dan professional, modern terpercaya.

(nun)

Sumber: sindonews.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close