REPORTASE

25 Mahasiswa UII Ikuti Program Beasiswa di Thailand

Priyo Setyawan25 Mahasiswa UII Ikuti Program Beasiswa di Thailand
Rektor UII Fathul Wahid saat melepas 25 mahasiswa UII yang mengikuti program Credit Transfer ke Chulalongkorn University . FOTO: SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA – Sebanyak 25 mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mendapatkan beasiswa program credit transfer dari Chulalongkorn University, Thailand tahun 2020. Mereka akan melaksanakan perkuliahan selama satu semester dengan beasiswa penuh dari pihak Chulalongkorn University.

Rektor UII Fathul Wahid melepas para mahasiswa tersebut di ruang audivisual gedung GBPH Prabuningrat, kampus UII terpadu, Jalan Kaliurang Km 14,5 Ngaglik, Sleman, Selasa (14/1/2020).

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan program beasiswa yang diterima para mahasiswa merupakan momen yang sangat istimewa karena tidak semua mahasiswa, mendapatkan kesempatan yang sama. Karena itu, meminta mahasiswa peserta progarm tersebut agar memanfaatkan momen itu dengan
sebaik-baiknya.

“Kesempatan beasiswa untuk melakukan eksplor internasional untuk menjadi warga global. Karena itu perlu dimanfaatkan dengan baik, kembangkan kemampuan akademik dan belajar budaya setempat untuk memperkaya pengetahuan dan menyesuaikan diri dengan kondisi setempat,” kata Fathul Wahid.

Menurut Fathul kesempatan belajar di luar negeri akan bersentuhan dengan lintas budaya. Sebab, bukan hanya budaya Thailand yang dijumpai tapi juga budaya-budaya warga lain yang berasal dari berbagai negara.

Sekretaris prodi Teknik Kimia, FMIPA UII, Arif Hidayat menambahkan, sebelum berangkat ke Thailand 25 mahasiswa itu mengikuti orientasi tentang akademik, budaya dan keimigrasian. Orientasi akademik para mahasiswa mendapatkan penjelaskan detail beasiswa, akomodasi, status
akademik hingga mekanisme credit transfer. Orientasi budaya soal cross culture understanding.

“Uuntuk keimigrasian, soal apa saja yang perlu disiapkan sebelum keberangkatan, visa, imigrasi dan izin tinggal selama di Thailand,” tambahnya.

(nun)

Sumber: sindonews.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close